Elon Musk mengatakan dia masih mendukung Dogecoin, harga naik lagi

Elon Musk baru-baru ini digugat sebesar $258 miliar atau sekitar Rp. 3,800 triliun dari investor Dogecoin karena nilainya kini turun. Meskipun dituntut karena keterlibatannya dalam Dogecoin, Musk mengatakan dia akan terus mendukung cryptocurrency.

“Saya akan terus mendukung Dogecoin,” tulis Musk dalam tweet di Twitter, dikutip Yahoo Finance, Senin (20/6/2022).

Ketika diminta oleh seorang netizen untuk terus membeli Dogecoin, CEO SpaceX dan Tesla menegaskan kembali komitmennya, dengan menjawab, “Saya.”

Berkat tweet tersebut, nilai Dogecoin melonjak hampir 10% ke level $0,056 hanya satu jam setelah Musk mengunggah tweetnya. Kenaikannya tidak terlalu signifikan, tapi setidaknya bisa menutupi penurunan besar bulan lalu.

Beberapa cryptocurrency lain juga mulai reli setelah nilainya jatuh di pasar. Setelah 12 hari mengalami penurunan stabil, bitcoin melonjak ke level $18.300 pada Minggu (19/6), menurut data Coindesk. Dalam seminggu terakhir, nilainya jatuh ke level terendah USD 17.600.

Dogecoin awalnya adalah meme token yang dibuat sebagai lelucon. Namun cryptocurrency ini mulai mendapatkan banyak penggemar karena sering dipromosikan oleh Musk sejak tahun 2019.

Musk sering menyebut dirinya sebagai “ayah anjing”. Dua perusahaannya, SpaceX dan Tesla, juga menerima Dogecoin sebagai pembayaran.

Tapi gerakan Dogecoin “pom-pom” Musk juga membuatnya dalam masalah. Pekan lalu, investor Dogecoin Keith Johnson menggugat Musk sebesar Rp3.800 triliun karena menjalankan skema piramida untuk mendongkrak nilai Dogecoin.

“Terdakwa telah menyadari sejak 2019 bahwa Dogecoin tidak berharga, tetapi terus mempromosikan Dogecoin untuk mendapat untung dari perdagangannya,” bunyi gugatan itu.

“Musk menggunakan posisinya sebagai orang terkaya di dunia untuk menjalankan dan memanipulasi skema piramida Dogecoin untuk keuntungan, ketenaran, dan hiburan.”

Leave a Comment