My Blog

Seekor Buaya Masuk ke Desa !

Seekor Buaya

Seekor buaya sepanjang 4,3 meter di Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk ke pemukiman dan membuat heboh. Buaya bisa ditangkap.

Buaya tersebut muncul di tepi sungai Desa Ambuau Indah, Kecamatan Lasalimu, Buton pada Sabtu (25/6/2022) sekitar pukul 09.00 WITA. Buaya itu kemudian mendekati pemukiman warga.

Dalam video yang beredar, seorang pria berbaju putih kemudian mulai menangkap buaya. Ia terlihat menyiapkan tali untuk menangkap buaya.

Pria itu kemudian mulai mengikatkan tali di sekitar mulut buaya dan kemudian menariknya bersama pasangannya. Pria tersebut awalnya tampak kewalahan, namun buaya tersebut akhirnya diikat oleh warga.

Warga juga mulai mengikat bagian atas mulut, badan dan ekor buaya. Tali tersebut kemudian diikatkan ke pohon kelapa sehingga warga menunggu Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) datang dan mengambil buaya tersebut.

Kepala Seksi I BKSDA Baubau Prihantoro mengatakan, kemunculan buaya itu memang mengganggu. Warga kemudian memutuskan untuk menangkapnya dengan alat seadanya karena mereka tidak ingin ada korban di kemudian hari jika buaya dibiarkan begitu saja.

‘“Akibat mengganggu warga dan menghindari korban jiwa, warga berusaha menangkap buaya dengan alat seadanya. Kami kemudian mengevakuasinya dengan tali,” katanya.

Prihantoro mengatakan butuh waktu dua jam untuk mengevakuasi buaya tersebut. Buaya itu akhirnya dibawa ke penangkaran di daerah Kendari. Buaya juga bisa dilepasliarkan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW).

“Evakuasi di Kendari karena ada penangkaran dan taman nasional untuk huni,” katanya.

Semoga bermanfaat artikel berikut ini

Exit mobile version